Kumpulan informasi tutorial blog dan emulator komputer terbaru dan terlengkap.

Cara Setting Emulator PS2

Posting kali ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas tentang cara memainkan ps2 di komputer. Mungkin sobat udah sering mendengar tentang emulator ps2 di komputer atau bahkan udah mempunyai aplikasi untuk memainkan gamenya namun bingung bagaimana cara mensetting yang bagus untuk bisa memainkan game ps2 dengan lancar. Pada kesempatan ini saya akan berbagi kepada sobat sekalian cara setting emulator ps 2 di komputer secara detail agar game yang sobat mainkan bisa berjalan dengan lancar tanpa macet.


Sebelum masuk ke topik pembahasan, ada yang perlu sobat perhatikan yaitu spek komputer harus memenuhi. Usahakan VGA pada komputer atau laptop yang akan sobat gunakan untuk menjalankan emulator ps 2 adalah VGA OffBoard. Apa itu OffBoard? OffBoard adalah sebuah VGA tambahan yang ditambahkan ke laptop atau komputer guna untuk meningkatkan kinerja. Biasanya untuk menjalankan emulator ps 2 ini cukup dengan VGA OffBoard dengan kapasitas minimal 1GB. Untuk lebih jelasnya tentang VGA OffBoard bisa sobat cari sendiri di google. 

Sebenarnya bisa saja sobat tidak menggunakan VGA OffBoard untuk menjalankan emulator ps 2 tapi nanti akan ada game yang tidak bisa berjalan lancar saat dimainkan. Baik langsung saja ke topik utama yaitu cara setting emulator ps 2 di komputer. Berikut adalah caranya :

Cara Setting Emulator PS2


1. Silakan sobat buka program pcsx 2 yang sudah di download pada postingan pertama atau pada website resmi emulator pcsx2

2. Setelah itu silakan sobat pilih konfigurasi=>plugin/bios
3. Silakan atur settingan sobat sesuai gambar berikut :

Cara Setting Emulator PS2
Ini adalah settingan grafik pada emulator, bila sobat ingin tampilan lebih bagus lagi silakan hilangkan tanda centang pada native dan atur sendiri sesuai keinginan. Semakin tinggi custom resolution nya, semakin bagus gambar yang akan ditampilkan. INGAT!!! sesuaikan dengan VGA sobat, lebih baik jangan hilangkan tanda centang.

Cara Setting Emulator PS2
Pilih Lilypad untuk kontroler, kenapa harus lilypad? sebab plugin ini mendukung semua kontroler game yang sobat mainkan. Mangkanya saya lebih menyarankan anda untuk memilih plugin ini.

Cara Setting Emulator PS2
Ini adalah gambar contoh kontroler saya pada plugin lilypad yang masih menggunakan keyboard.

Cara Setting Emulator PS2
Untuk konfigurasi sound, silakan pilih seperti ini atau boleh bawaan seperti saat install program emulator

Cara Setting Emulator PS2
Bila sobat menggunakan file sejenis iso, sobat bisa mengatur plugin seperti diatas. Jika sobat belum tahu tentang jenis file iso atau cara membuat file game ps 2 menjadi iso, akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya.

Cara Setting Emulator PS2
Sebaliknya, bila sobat masih menggunkan DVD/Kaset ps 2, sobat bisa pilih plugin CDDVD seperti gambar diatas. Saya sarankan lebih baik sobat menggunakan file iso untuk mengurangi kerusakan pada DVD yang sobat gunakan

(Klik pada gambar untuk memperbesar ukuran gambar)

Mungkin settingan diatas masih belum sempurna, untuk itu bila ada tambahan atau semacamnya bisa sobat tambahkan dengan cara berkomentar dibawah. Mengenai cara membuat file iso akan saya share pada postingan selanjutnya. Itulah sedikit share dari saya tentang cara setting emulator ps 2. Jangan lupa untuk tetap berkunjung ke blog sederhana ini yang membahas tentang kumpulan tutorial lengkap emulator.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Setting Emulator PS2

1 komentar:

  1. Gak jelas tulisan lu astaga. Gak usah pake watermark kalo gak transparant. Ngalangin! ah

    BalasHapus

Bila ada script yang tidak work silakan komentar dibawah. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan jangan menaruh link aktif pada form komentar. Terima Kasih.