Kumpulan informasi tutorial blog dan emulator komputer terbaru dan terlengkap.

Cara Merubah File DVD/CD Menjadi ISO

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada sobat tentang kelanjutan dari postingan sebelumnya yang membahas tentang cara setting emulator ps 2. Nah, pada postingan kali ini saya tidak membahas lagi mengenai cara setting emulator di komputer atau laptop tapi membahas tentang cara merubah file dvd menjadi file iso. Mengapa begitu pentingnya merubah file dari dvd ke iso? sebab, file dalam bentuk dvd semakin lama akan rusak bila mana dvd tersebut tidak disimpan dengan baik, berbeda jika sobat ubah file tersebut menjadi iso.

Menyimpan file atau file game dalam bentuk iso dari pada dvd/cd dapat mempermudah dalam membaca data tersebut tanpa mengandalkan dvd room. Misal sobat lagi bermain game ps 2 menggunakan kaset yang udah sering dipakai, pasti hal-hal yang mungkin sering terjadi yaitu lelet, kaset macet, dll. Beda bila sobat menggunakan hdd, biarpun sering dipakai pasti tidak ada game yang macet atau loadingnya lelet seperti pakai kaset. Itulah fungsinya merubah game yang awalnya di dalam dvd/cd menjadi file iso yang nantinya akan disimpan dalam hdd sobat. Langsung saja ke topik utama yaitu :

Cara Merubah File DVD Menjadi ISO 


1. Silakan sobat download program yang bisa sobat gunakan untuk merubah file iso. Misalnya saya menggunakan program ultraiso. Bila sobat tidak mempunyai program ini, sobat bisa cari sendiri di google atau website resminya.

2. Buka program ultraiso, seperti ini tampilannya
Cara Merubah File DVD Menjadi ISO

3. Masukkan cd/dvd game yang akan sobat ubah menjadi file iso

4. Setelah itu pilih make cd/dvd image.

5. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.
Cara Merubah File DVD Menjadi ISO

Keterangan :
CD/DVD Drive adalah lokasi kaset/dvd berada
Output adalah tempat sobat menyimpan game tersebut

6. Kemudian pilih make untuk memulai proses perubahan file.

Namun masih ada masalah penting yang perlu sobat ketahui, yaitu masalah tempat penyimpanan. Sebab semakin sering sobat mengubah game-game yang baru sobat beli menjadi file dengan extensi iso, maka semakin sedikit pula hdd yang kosong pada komputer atau laptop akibat terlalu banyaknya penyimpanan. Untuk itu saran dari saya ubahlah game-game yang sobat sering mainkan atau sukai saja agar hdd sobat tidak terlalu penuh dengan game-game yang tidak diinginkan.

Itu dulu share dari Emu-id untuk sobat. Semoga posting tentang cara merubah file dvd menjadi iso ini bisa bermanfaat bagi sobat yang membaca artikel ini. Bila ada saran dari sobat yang mungkin perlu disampaikan jangan malu untuk berkomentar dibawah. Segala bentuk komentar yang mengandung saran atau kritik akan selalu saya hargai. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merubah File DVD/CD Menjadi ISO

14 komentar:

  1. ane ngubah kaset dvd sims 2 kog gak ada launcernya ya gimana

    BalasHapus
  2. Kalo cdnya macet bisa ga gan?
    Btw Thanks gan, semoga berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kasetnya macet tinggal di bersihin saja pakai minyak kayu putih

      Hapus
  3. Thanks banget gan , sangat membantu

    BalasHapus
  4. mksih gan klo bisa kasih tau juga ya cara software yg udah di instal terus bisa di ubah lagy jd mentahan gan mksih

    BalasHapus
  5. sangat membantu sekali sob , mkasih gan :)

    BalasHapus
  6. Makasih gan info sangat membantu :)

    BalasHapus
  7. gan coba pakai Brasero itu lebih mudah ketimbang pakai ultraISO

    BalasHapus

Bila ada script yang tidak work silakan komentar dibawah. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan jangan menaruh link aktif pada form komentar. Terima Kasih.